Mari membuka mata, hati dan pikiran untuk melihat Tembakau

Sebelum jauh membahas tentang satu destinasi wisata yang cukup menarik sehingga membawa kota Jember mendunia ini, ada hal yang perlu kita pahami terlebih dahulu. Hal ini agar kita tidak jatuh pada penghakiman sepihak kepada kondisi yang seharusnya dikembangkan dengan baik.

Selama ini jika kita mendengar kata tembakau, lebih sering yang hadir di pikiran kita adalah rokok. Rokok dengan segala sisi negatif yang ditimbulkannya, menjadikan kita ikut memvonis secara mentah-mentah bahwa tembakau juga sama negatifnya dengan rokok.

Rokok dibuat secara pabrikasi dengan tambahan berbagai bahan kimia berbahaya yang dalam waktu lama akan membawa dampak negatif kepada pemakainya. Bahan kimia inilah yang membuat rokok tidak baik bagi kesehatan. Sedangkan sebagian besar masyarakat berpikir, bahwa tembakau sama dengan rokok atau sebaliknya. Tembakau memang merupakan bahan baku pembuatan rokok, tapi bukan berarti tembakau menjadi "tertuduh" sebagai tumbuhan yang merusak kesehatan secara umum. 

Sebenarnya kita perlu mengetahui bahwa tembakau memiliki manfaat lebih, tidak sekadar sebagai bahan baku rokok. Perhatikan gambar di samping,  tampak beberapa manfaat tembakau yang tidak banyak kita ketahui selain menjadi bahan baku pembuatan rokok dan cerutu. Tembakau juga menghasilkan minyak atsiri, mengandung anti oksidan, bisa digunakan sebagai pupuk dan pestisida serta sebagai bahan untuk kosmetika. Bahkan ada penelitian yang menyampaikan bahwa tembakau bisa menjadi obat alternatif untuk penderita kanker.

Dengan mengetahui berbagai manfaat tembakau ini, tentu diharapkan kita lebih mengenalkan sisi positif tembakau ke masyarakat. Tembakau telah banyak menyumbang pendapatan bagi masyarakat setempat bahkan Indonesia secara umum ketika tembakau menjadi salah satu komoditi ekspor yang cukup menjanjikan. 

Jember mendunia bersama Tembakau 

Setelah kita mengetahui apa dan bagaimana tembakau, kita kembali menengok kabupaten Jember sebagai salah satu wilayah di provinsi Jawa Timur yang menjadi salah satu penghasil tembakau terbesar. Berdasarkan posisi geografisnya, Kabupaten Jember memiliki batas  :
•Sebelah Utara  : Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten  Probolinggo
•Sebelah Selatan : Samudera Indonesia
•Sebelah Timur : Kabupaten Banyuwangi
•Sebelah Barat   : Kabupaten Lumajang
Sumber foto: www.jemberjic.com
Sedangkan secara topografi tampak seperti gambar di atas. Kabupaten Jember berada pada ketinggian 0–3.300 meter di atas permukaan laut (dpl), dengan ketinggian daerah perkotaan Jember kurang lebih 87 meter di atas permukaan laut (dpl). Sebagian besar wilayah berada pada ketinggian antara 100 hingga 500 meter di atas permukaan laut yaitu 37,75%. Kondisi topografi yang ditunjukkan dengan kemiringan tanah atau elevasi, sebagian besar wilayah Kabupaten Jember (36,60%) dengan kemiringan lahan 0 – 2%.

Melihat topografi di atas, bisa dikatakan bahwa tembakau memang bisa tumbuh dengan baik di wilayah kabupaten Jember tepatnya pada lahan dengan ketinggian 200-3.000 meter di atas permukaan laut (dpl).

Tidak perlu diragukan lagi jika Jember merupakan salah satu penghasil tembakau terbaik yang ada di Indonesia bahkan dunia karena memang terdukung oleh kondisi alamnya. Cerutu Indonesia yang diakui sebagi cerutu terbaik kedua setelah Kuba, sebenarnya menggunakan bahan baku tembakau terbaik yang tumbuh di Indonesia tepatnya di kabupaten Jember. Jenis tembakau Besuki Na Oogst (BNO) yang dikenal dunia internasional merupakan daun tembakau yang dihasilkan di Besuki, Jember. Tembakau ini cocok dipakai sebagai pembalut, pengikat atau pembungkus, bahkan pengisi cerutu. Tembakau Besuki, yang mengharumkan nama Jember Jawa Timur bahkan Indonesia, dikenal unggul dalam elastisitas, rasa, dan warna daunnya yang cokelat kehitaman.

Pada perkembangannya, cerutu berbahan dasar tembakau Jember ini sudah dieskpor ke berbagai negara. Masuknya pasar ekspor cerutu yang berukuran kecil dengan filter (cigarillos) yang kini tidak hanya tertuju pada negara-negara eropa seperti Swiss, Belanda, Denmark, Belgia, Spanyol, Prancis, Swedia, Jerman, dan Amerika Serikat, tapi juga mulai merambah pasar ke Tiongkok.
Negara-negara inilah yang selama ini menikmati cerutu dari tembakau yang tumbuh baik di wilayah kabupaten Jember yang tentunya ikut menyumbang pendapatan negara. 

Berdasarkan data Statistik Perkebunan Indonesia tahun 2015-2017 mengenai Tembakau, juga menunjukkan bahwa kabupaten Jember memberikan sumbangan terbanyak dari sektor perkebunan khususnya tembakau, karena luas lahan yang ada di Jember cukup memadai. Pada tahun 2017 dari total luas lahan perkebunan rakyat tembakau se-Indonesia 205.608 hektar dengan total produksi sebesar 197.497 ton. Dari data tersebut Propvinsi Jawa Timur mendominasi dengan area seluas 108.296 hektar dengan total produksi sebesar 100,052 ton daun tembakau kering kering. 
Secara detail di Porvinsi Jawa Timur berbagai macam tembakau bisa tumbuh dengan baik. Khusus untuk kabupaten Jember ada beberapa jenis tembakau yang tumbuh dengan baik dan menyumbang pendapatan yang cukup signifikan. Tembakau Besuki, Kasturi, White Burley dan tembakau Jawa adalah diantaranya. Dari berbagai jenis tembakau ini khusus kabupaten Jember memiliki luas lahan 14.299 hektar dengan total hasil panen sebesar 18.552 ton daun tembakau kering pada tahun 2017 yang lalu. Bahkan dari data statistik ini juga dapat dilihat berapa besar penyerapan tenaga kerja untuk perkebunan tembakau di kabupaten Jember yaitu sebanyak 28.919 petani. 

Destinasi Agrowisata Tembakau dan Museum Tembakau 

Nah, kita kembali membicarakan destinasi wisata di Jember. Perkebunan tembakau di Jember saat ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik. Jika kita berkunjung ke agrowisata tembakau kita akan disuguhi langsung tentang berbagai proses alami penanaman tembakau hingga porses lainnya. Kita akan melihat dari dekat bagaimana cara menanam dan merawat tembakau hingga menghasilkan tembakau berkualitas. Namun, untuk menimati keindahan itu kita harus rela diterpa terik matahari. Sebaliknya jika ingin mengetahui secara detail tentang tembakau yang ada di Jember tanpa harus diterpa terik matahari, kita harus menuju satu destinasi wisata di kota Jember yang sangat terkait dengan tembakau, yaitu Museum Tembakau Jember.

Sumber foto: jalanwisata.id
Sebagaimana museum pada umumnya, di sini kita juga bisa mendapatkan pengetahuan lebih lengkap tentang tembakau secara umum dan secara khusus mengenai tembakau Jember yang terkenal berkualitas baik.
Museum yang dikelola secara langsung oleh UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang dan Lembaga Tembakau (PSMB-LT) Jember sejak 2014 silam ini bisa dikatakan sebagai museum yang masih langkah. Tidak banyak wilayah lain yang memiliki museum serupa. 





Sumber foto: m.timesindonesia.co.id


Jika sudah ada di dalamnya, hal menakjubkan akan terlihat. Museum tembakau ini tidak hanya menyuguhkan informasi atau pengetahuan yang cukup penting bagi pengunjungnya, tetapi setiap sudut menjadi spot tidak kalah menarik untuk berfoto. Dengan detail khas segala pernak-pernik dunia pertembakauan, tentu foto yang kita ambil juga akan memiliki arti tersendiri. Foto di spot unik ini bisa juga kita tunjukkan ke orang lain melalui media sosial kita. Bahwa berwisata tidak harus melulu ke pantai tapi ada juga museum yang bisa dijadikan alternatif lain untuk menambah pengetahuan sambil berswisata.

Sumber foto: backpackerjakarta.com
Lebih jauh lagi museum ini juga dilengkapi perpustakaan pertembakauan yang bisa digunakan untuk literatur penelitian bagi pelajar, mahasiswa, akademisi bahkan bidang terkait lainnya yang membutuhkan referensi. Bahkan museum ini memiliki e-library yang didukung sepenuhnya oleh LIPI.
Perpustakaan juga diatur sedemikian rupa, sehingga membuat pengunjung merasa nyaman untuk membaca literatur yang ada di dalamnya. Bahkan bisa juga menjadi spot berfoto yang cukup menarik dan indah tentunya.

Lokasi Wisata Museum Tembakau 


Museum tembakau ini sangat mudah dijangkau, karena berlokasi di pusat kota Jember. Tepatnya di Jl. Kalimantan No. 1 Sumbersari Jember Jawa Timur, 68121. Museum yang berada dalam pengelolaan UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang dan Lembaga Tembakau ini, buka pada hari kerja yaitu Senin-Jumat, tepatnya pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Jadi mohon diperhatikan dengan baik waktu berkunjung ke Museum ini, karena memang tutup pada hari libur, hari Sabtu dan Minggu. Jangan sampai terlalu semangat dan tidak memperhatikan hal penting ini. Tentu akan sangat kecewa ketika sampai lokasi dan ternyata tutup. Atau kita berkunjung ke Museum ini saat bulan kunjungan wisata Jember yang biasanya dihelat pada bulan Agustus setiap tahunnya. Jadi kita tidak hanya bisa mengunjungi museum tetapi banyak acara lain yang bisa kita nikmati ketika ke Jember. 
Untuk informasi awal sebagai gambaran tentang Museum Tembakau, bisa dilihat video di bawah ini:

Ya, kabupaten Jember memang memiliki banyak destinasi wisata yang tidak mudah diabaikan, baik wisata alamnya terutama keindahan pantainya, juga destinasi buatan lainnya yang tidak kalah menarik. Dari semua destinasi wisata itu, selayaknya Museum Tembakau dan juga Agrowisata Tembakau menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilupakan saat berkunjung ke Jember. Bahkan destinasi ini bisa menjadi agenda khusus untuk memberikan "makanan bergizi" pada pikiran kita berupa pengetahuan yang luas tentang tembakau. Dengan mengajak kerabat untuk mengenal tembakau lebih dekat, tentu pemahaman salah selama ini tentang tembakau akan perlahan terkikis. 

Tembakau telah ikut menjadi bagian dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. Dengan bertambahnya wawasan, tentu akan lebih mudah menumbuhkan kesadaran bahwa kenyataannya tembakau telah membawa nama Kabupaten Jember ini mendunia. Artinya apa? Jember secara khusus dan Indonesia secara umum telah dikenal dunia sebagai penghasil tembakau berkualitas yang layak bersaing dalam perdagangan internasional. Mengapa kita tidak bangga dengan semua itu? 
Bagaimana, kapan ke Museum Tembakau? Supaya Jember makin rame!


*Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger. 

Sumber pendukung tulisan: 

https://manfaat.co.id/manfaat-tembakau
http://www.utamakankesehatan.com/2017/11/30-khasiat-dan-manfaat-tembakau-yang.html



6 Comments

  1. wah sayang sekali kemarin pas ke jember gak sempat ke museum itu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti harus ke Jember lagi @Joe Chandra hehehe
      Terima kasih sudah berkenan membaca :)

      Delete
  2. Biar pada tau ya mbak kalau tembakau itu bermanfaat, rokoknya aja yang nggak bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Ines :) ketika membaca aku juga tersenyum sendiri ternyata selama ini pikiranku tentang tembakau juga negatif. Waktu nulis ini jadi membaca banyak informasi tentang tembakau.

      Delete
  3. aku baru sekali kesini, hehe, masih kurang eksplore. Tengkyu udah ikutan, salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makasih, Mbak Prita Hw sudah berkenan membaca :)

      Delete