Salah satu sumber persoalan kesehatan yang berbahaya adalah obesitas, karena bisa menyebabkan berbagai penyakit serius. Hipertensi, gangguan metabolisme, kanker, diabetes, bahkan gangguan reproduksi. Lebih berisiko mengalami patah tulang. Sedangkan pengaruhnya terhadap otak, bisa memicu perilaku impulsif. Risiko berat lainya adalah demensia karena inflamasi yang terjadi menyebabkan kerusakan sel otak sehingga terjadi penurunan fungsi kognitif seseorang. 

Berdasarkan data di samping, menunjukkan gambaran umum kondisi masyarakat Indonesia beberapa tahun terakhir. Jika tidak ada penanganan serius maka bisa saja beberapa tahun ke depan kondisi kesehatan  masyarakat Indonesia memburuk dikarenakan obesitas.

Maraknya program diet atau berbagai obat-obatan (kimia dan herbal) menawarkan program penurunan berat badan yang katanya efektif dan efisien, tidak banyak membawa dampak baik secara signifikan bagi pemakainya.

Lalu, apakah yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan sehingga berbagai persoalan yang ditimbulkannya tidak terjadi?

Menurut saya, hal penting yang harus dilakukan adalah kemauan untuk mengubah gaya hidup saat ini menjadi lebih baik (sehat). Jika kesadaran individu sudah tumbuh baik, pasti berdampak pada tingkat kesehatan masyarakat secara umum.

Gaya hidup sehat diawali dengan mengubah pola makan lebih sehat. Saya mengatakan hal ini, karena saya mengalami sendiri apa efek dari perubahan pola makan sehat yang saya jalani terhadap kesehatan saya.


Beberapa tahun lalu, saya adalah "pengguna" obat resep dokter. Saya harus minum berbagai obat untuk berbagai penyakit. Saya hampir menyerah karena capek dengan obat-obatan yang saya konsumsi, tidak membawa perubahan baik bagi kesehatan saya. Saya ikut pelatihan personal healing berbiaya mahal, membaca banyak referensi dan ternyata semua kembali pada apa yang tertanam di benak saya. Apakah saya mau sehat atau membiarkan diri berpenyakit?

Saya memilih sehat. Karena itulah saya sering mengatakan, bahwa sehat sebenarnya pilihan kita sendiri demikian juga sakit. Tubuh menjalankan apa yang diperintahkan pemiliknya. Tubuh mencerna apa yang dimasukkan ke dalamnya sesuai kapasitasnya. Jika hal baik yang masuk, tubuh bereaksi baik menjadikan dirinya segar, sehat. Demikian juga sebaliknya jika setiap saat yang kita masukkan adalah hal tidak baik baginya, tentu perlahan tubuh akan mengalami kerusakan dan menunjukkan kondisi sakit.

Saya mengubah pola makan saya menjadi lebih baik untuk ukuran saya. Back to nature. Kembali menikmati aneka sayuran dan buah-buahan yang melimpah di negeri ini. Termasuk ikan segar yang juga melimpah baik ikan laut maupun ikan tambak. Hal penting lain, saya memperbanyak minum air putih. Otomatis saya mengurangi semua makanan instant walaupun dilabel sebagai makanan sehat. Mengurangi junk food dan minuman instant pabrikan. Saya berusaha menikmati makanan segar bukan makanan diawetkan.

Mengubah pola makan
https://bkmalkautsar.com
Contoh Menu Sehari
Hal penting yang saya lakukan adalah mengubah pola makan yang  serampangan. Pokoknya enak di lidah, tanpa memerhatikan apakah  enak di lidah itu baik untuk tubuh?
Saya makan seperti biasanya, tetapi "apa makananya dan kapan waktu  tepat untuk makan" itulah yang saya perhatikan. Jika dulu kapanpun mau makan, atau apapun ingin saya makan, saya lakukan begitu saja. Semua berubah ketika saya memutuskan mengubah gaya hidup lebih sehat. Saya menyesuaikan dengan jam biologis tubuh seperti gambar di atas (fleksibel secara wajar).


Saya tetap sarapan, karena sarapan sangat baik sebagai sumber energi memulai aktifitas. Jika sebelumnya sarapan berupa makanan berat, (nasi rawon, soto, atau bubur ayam) saya mengubah semua itu. Sarapan dengan aneka buah minimal tiga jenis buah segar. Bisa saya jus tanpa campuran apapun atau langsung mengunyahnya. Makan buah ini saya lakukan hingga menjelang waktu makan siang. Selama saya merasa lapar, akan makan buah lagi. Saya menikmati aneka buah lokal yang lagi musim dengan harga terjangkau.

Kemudian saya makan siang seperti biasa, pada jam makan siang. Hanya saja saya  mengubah menunya. Jika sebelumnya saya biasa makan siang di restoran cepat saji atau membeli, saat ini tidak. Saya memasak sendiri aneka sayuran dan juga ikan. Saya menyukai ikan karena kandungan mineralnya yang baik untuk tubuh. Masakan ini untuk makan siang dan makan malam dengan komposisi berbeda.

Ada dua komposisi saya gunakan. Pertama, menu dengan aneka sayuran (matang/mentah) bersama ikan (protein hewani) dan kedua, aneka sayuran (matang/mentah) dengan sumber karbohidrat. Saya gunakan aneka sambal buatan sendiri untuk dressing.


Saya mengubah sumber karbohidrat, dengan menikmati nasi dari beras pecah kulit (beras coklat, beras merah dan beras hitam) juga  nasi dari jagung.
Memasak sendiri makanan yang menjadi asupan tubuh, tentu banyak manfaatnya. Disamping lebih hemat, tentu lebih higinis.  Kita juga bisa menghindari berbagai bahan makanan tidak baik untuk tubuh, seperti pewarna, perasa dan pemanis buatan bahkan pengawet serta penyedap yang berlebihan.


Memperbanyak minum air putih 


Sebelumnya air putih yang saya minum masih jauh dari ideal untuk sehat. Saya suka minuman berasa. Minuman instan yang mudah saya beli dan simpan di kulkas. Saya berpikir praktis, tidak repot. Ternyata efek dari tindakan serba praktis ini justru membuat kesehatan saya memburuk. Saya beralih mengkonsumsi air putih sejak bangun tidur dan di sela aktifitas keseharian lainnya. Selalu membawa air putih setiap waktu. Tidak lagi menikmati teh/kopi sebelum sarapan juga di sore hari. Kudapan kurang sehat dan gula berlebihan saya hindari.


Olahraga ringan 

Hal penting lain yang tidak boleh ditinggalkan dalam mendukung keberhasilan gaya hidup sehat adalah olahraga. Olahraga tidak harus dengan kegiatan yang memakan waktu termasuk memakan biaya besar, misal harus ikut club olahraga. Bisa dikatakan sebagai olahraga ringan yang membuat tubuh bergerak dan berkeringat setiap harinya. Aktifitas fisik sederhana di rumah juga bisa menggantikan tindakan olahraha ringan. Saya membiasakan diri keluar rumah pada pagi hari, sekadar jalan cepat mengelilingi kompleks tempat tinggal. Di kesempatan lain, melakukan senam dengan panduan internet atau bersepeda mengelilingi perumahan. Termasuk aktifitas berkebun juga bisa dikatakan sebagai olahraga ringan. 


Sedangkan untuk kudapan saya mengkonsumsi jus sayuran mentah. Minuman ini saya nikmati satu jam sebelum tidur atau sore hari pengganti teh. Saya juga menikmati berbagai biji-bijian. Biji bunga matahari, kacang almond, lentil, kacang hijau, wijen dan lainnya. Ubi jalar, ubi kayu, dan labu kuning juga saya konsumsi. Mengurangi mengkonsumsi makanan instant, junk food. Lebih menyukai ikan daripada daging (kambing/sapi).

Mengubah pola hidup agar tubuh lebih sehat itu bukan hal sulit jika kita memiliki kemauan untuk lebih baik. Saat ini saya bersyukur karena kondisi tubuh lebih baik dari sebelumnya dan tentu lebih sehat. Dengan bergaya hidup sehat, mari sembuhkan Indonesia. Indonesia sehat dan hebat berawal dari kesadaran individunya untuk sembuh dan sehat!

2 Comments

  1. Wah informasinya bermanfaat sekali, trimakasih atas sharingnya, sukses selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Makasih Mas Amir sudah berkenan membaca :)

      Delete