Memiliki tubuh yang sehat dengan berat badan ideal adalah dambaan setiap orang, baik laki-laki atau perempuan, tua dan muda. Berbagai cara ditempuh untuk mendapatkan kondisi sehat ideal tersebut. Sayangnya tidak semua orang berhasil dengan mudah memiliki kondisi yang diharapkan itu.

Jika diperhatikan dengan baik, sebenarnya kondisi ideal tersebut bisa dipengaruhi oleh kondisi psikologis masing-masing orang dan juga pola makan yang dijalani. Saya tidak akan menuliskan tentang pengaruh kondisi psikologis seseorang terhadap kesehatan dan berat badan, karena memang saya tidak kompeten dalam hal itu. Sesuai pengalaman pribadi, saya melihat bahwa pola makan yang tepat sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan berat badan seseorang.

Mengapa pola makan?
Pepatah terkenal yang sering kita dengar adalah: "You Are What You Eat" (Kamu adalah apa yang kamu makan). Secara harfiah saya langsung sepakat dengan pepatah itu, karena memang benar adanya. Makanan atau asupan yang masuk ke tubuh kita bisa menjadi "jaminan" apakah makanan ini akan membawa tubuh kita semakin sehat ideal? Atau justru makanan inilah yang menyebabkan kita jatuh sakit, permasalahan kesehatan secara umum, juga tentunya berat badan yang kurang ideal.

Ketika menyadari hal itu, tentu kita harus memperhatikan dengan baik asupan yang masuk ke tubuh kita. Sekadar enak di lidah, karena tampilan makanannya  menarik, demi gengsi  makan makanan yang mahal atau karena apa? Atau karena tidak ada pilihan lain. Bahkan ada yang lebih tragis, menikmati makanan supaya terlihat kekinian, karena makanan yang dimakan itu instagramable. Bagaimana, apakah kita salah satu dari mereka?


Pemikiran dan gaya atau pola makan seperti itulah yang dalam waktu tertentu akan menunjukkan dampaknya terhadap kesehatan kita secara menyeluruh. Semakin parah jika gaya hidup seperti itu tidak diimbangi dengan olah raga dan perilaku lain yang mendukung tubuh untuk sehat.

Kembali kepada "dirimu adalah apa yang kamu makan", tentu kita harus selalu ingat tentang apa makna makanan sehat yang menjadi asupan bagi tubuh kita. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung cukup gizi, kandungan nutrisinya cukup, kalori yang sesuai/mencukupi, dan tanpa ada zat aditif  di dalamnya. Zat aditif ini bisa berupa pewarna makanan, perasa, pemanis bahkan pengawet.

Menyadari semuanya itu, saya berusaha untuk menemukan pola makan yang sesusai untuk kondisi tubuh saya. Sesuai itu artinya saya nyaman menjalani pola makan ini dan terpenting lagi adalah kondisi kesehatan saya membaik secara signifikan. Sejak menjalani pola makan ini, saya lebih suka berkreasi sendiri makanan apa yang akan saya makan. Mau tahu pola makan yang saya jalani sehingga kesehatan saya membaik? Juga berat badan saya dalam posisi ideal untuk diri saya sendiri. Akhirnya badan saya lebih berat dari sebelumnya. Tidak ada lagi sambutan; "Kok kurus sekali? Ada masalah apa? Sakit apa?"

Pola makan seimbang, menurut saya adalah pola makan yang menyajikan makanan sehat untuk tubuh. Pilihan sumber asupan yang tepat sangatlah penting. Saya mengenal Yogurt sejak lama dan sudah tahu manfaat dari mengkonsumsi yogurt. Selama ini saya memang selalu menyediakan yogurt di rumah dan biasanya saya menikmatinya saat pagi menjelang siang. Atau sesekali di siang hari hingga saat untuk menikmati cemilan sore.  

Untuk pagi hari, saya sudah terbiasa sarapan buah segar (minimal ada tiga macam buah segar yang harus saya makan setiap pagi). Setelah full dengan buah segar biasanya saya melanjutkan sarapan dengan minum yogurt. Jika masih  lapar saya akan membuat sup buah  segar dan kuahnya adalah yogurt. 
Sarapan sehat Sup Buah Yogurt


Siang harinya,  saya menikmati makan siang dengan sumber karbohidrat dan aneka sayuran (matang dan mentah) serta lauk tambahan seperti tahu dan tempe. Atau jika tidak ingin menikmati karbohidrat, makan siang saya adalah ikan atau daging, dengan aneka sayuran mentah. Agar tetap nikmat saya tambahkan dengan aneka macam sambal yang saya buat sendiri. 
Sore hari, cemilan saya adalah kacang-kacangan atau salad sayur (mentah). Nah  untuk dressing salad sayuran ini saya biasa menggunakan yogurt.

Untuk makan malam, saya gunakan pola kebalikan dari makan siang. Jika makan siang saya protein dan sayur, maka makan malam saya karbohidrat dan sayuran  demikian juga sebaliknya. Sesekali jika saya tidak makan malam protein atau karbohidrat, saya menikmati juice aneka sayuran mentah (mix 3 atau 4 macam sayuran ditambah olive oil dan sedikit perasan lemon).  Ohya, sumber karbohidrat yang saya konsumsi selama ini adalah nasi dari  beras merah, beras hitam (beras pecah kulit) dan beras jagung. 

Saya semakin menyukai pola makan itu ketika menemukan Heavenly Blush Yogurt Greek. Rasanya enak, ada banyak pilihan varian yang bisa saya sesuaikan. Ada yang sesuai untuk kuahnya sup buah, ada yang pas saya gunakan untuk dressing salad sayuran. Walaupun saya tetap bisa menikmatinya tanpa dicampur apapun, kapanpun dan dimanapun. Ternyata saya sangat menyukai varian Heavenly Blush Greek Classic. Rasanya, kekentalannya begitu nikmat di lidah dan pas sebagai dressing salad sayur kesukaan saya.  

Disamping itu kandungan nutrisi dari Heavenly Blush sangat baik untuk pola makan saya, artinya semakin mendukung saya untuk sehat. Itulah yang sebenarnya sangat penting. Saya merasa sudah menunaikan kewajiban saya terhadap hak tubuh untuk mendapat asupan terbaik. Saya menambah dengan olahraga ringan setiap hari. Sekadar jalan pagi atau bersepeda di sekitar tempat tinggal atau kadang sit up dan senam ringan di rumah. 

Dari pengalaman itu, saya berharap kita memiliki kesadaran untuk sehat itu berawal dari pola makan kita. Saya selalu meyakini, bahwa tubuh kita ini pasti memiliki kondisi idealnya sendiri-sendiri.  Namun, kondisi ini akan tercipta jika kita juga memenuhi hak tubuh untuk ideal. Tentu kewajiban kita terhadap tubuh adalah memberikan asupan yang sehat sesuai kebutuhan. Jika kondisi ini terjadi, saya yakin yang namanya kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan itu tidak akan ada. Ya, kecuali ada penyakit bawaan, atau kondisi sel tubuh kita mengalami kelainan, tentu harus melewati penangannan khusus dari dokter yang ahli.  

Coba perhatikan pola makan saya, apakah ada yang menyusahkan? Semua mudah kita dapatkan, harga yang seimbang dengan hasil. Buah mahal? Yogurt mahal? Makanan sehat itu mahal? Coba renungkan, mahal mana ketika kita sakit? Tentu mahal sakit donk....jadi sebenarnya justru sehat itu
murah! 


Buah mahal? Saya selalu menikmati buah untuk sarapan itu adalah buah lokal yang sedang musim. Murah dan lebih segar.  Bagi saya Yogurt Heavenly Blush Greek dengan segudang manfaatnya tentu sebanding dengan harganya. Dan makanan sehat itu sebenarnya makanan yang kita olah sendiri, kualitasnya kita lebih tahu dan tentu lebih murah. Lalu, alasan apa lagi??? 



Sekadar mengingatkan tentang kelebihan dari  Heavenly Blush Yogurt, disamping rasanya yang enak di lidah kita, ada segudang manfaatnya. Yogurt tanpa perasa, pemanis buatan dan juga tambahan pewarna. Kandungan kalsiumnya yang tinggi tentu akan memenuhi kebutuhan kalsium harian kita. Heavenly Blush Greek yogurt juga memiliki kandungan gula dan lemak yang lebih rendah. 


Untuk varian Classic, teksturnya lembut, kental dan tentu memiliki kadar kalsium tinggi, rendah lemak juga rendah gula. Yogurt Drink dari Heavenly Blush Greek juga rasa asamnya pas, rendah gula dan lemak. Kandungan kalsium juga prebiotik fibernya sangat menunjang aktifitas di luar. 

Tidak kalah menarik adalah produk yogurt yang ditujukan untuk anak-anak. Heavenly Blush memiliki varian Yo Yogurt dengan berbagai rasa ini, merupakan satu-satunya yogurt  khusus untuk anak yang ada di Indonesia. Yo Yogurt ini bisa mencukupi 30 % kebutuhan serat harian untuk anak-anak. Semakin aman untuk anak-anak karena tanpa pemanis, perasa dan pewarna buatan. 

Nah, masih kurang apa lagi? Segera perbaiki pola makan dan gaya hidup bersama Heavenly Blush Greek Yogurt, agar semakin sehat dengan bonus berat badan ideal. 

Ohya, Heavenly Blush Greek Yogurt saat ini sedang bikin Challenge Blogger Competition lho... Mau tahu hadiah menariknya? Pememangnya bisa ikut trip ke Yunani. Wow... ke Yunani? ya, Yunani adalah negara produsen yogurt yang enak ini. Wah pasti menjadi perjalanan yang sangat berkesan bagi pecinta yogurt. Hadiah lainnya puluhan voucher belanja menanti. Segera tulis di blog kamu, gaya hidup sehat kamu bareng Heavenly Blush Greek Yogurt,  juga sertakan manfaat dari yogurt untuk kesehatanmu. Beli juga produk Heavenly Blush Greek Yogurt varian Classic minimal 30 ribu. 
Artinya hanya dengan 30 ribu, bisa ke Yunani? 
Gampang, kan? Penting nih... deadline komptesi ini tanggal 23 April 2018. Ayo buruan ikut ya...siapa tahu menang dan bisa ke Yunani secara gratis. Ini dia persyaratan lengkapnya, di bawah ini ya... #HeavenlyBlushGreekSecret
Clik gambar untuk syarat lomba...
Dan...semoga kita menang ya, saya dan kamu....kita bertemu,  lalu happy bareng di Yunani bersama Heavenly Blush Yogurt! God Luck...

0 Comments