Sumber foto: blusukanjember.blogspot.co.id
Pariwisata Jember dan kesejateraan masyarakat

Sektor pariwisata dan perkembangannya, berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara termasuk Indonesia terkhusus kabupaten Jember Jawa Timur. Kabupaten Jember secara geografis memiliki luas wilayah kurang lebih 3.293,34 km2. Secara garis besar daratannya dibedakan sebagai berikut :
Bagian selatan wilayah Kabupaten Jember, dataran rendah dengan titik terluarnya Pulau Barong, terdapat pula sekitar 82 pulau-pulau kecil, 16 pulau diantaranya sudah memiliki nama. Pada kawasan ini terdapat Taman Nasional Meru Betiri yang berbatasan Kabupaten Banyuwangi. Bagian barat laut berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo, merupakan bagian dari Pegunungan Iyang, dengan puncaknya Gunung Argopuro (3.088 m). Bagian timur merupakan bagian dari rangkaian dataran Tinggi Ijen.
Dengan tata geografis seperti di atas, Jember merupakan daerah kabupaten yang cukup potensial untuk mengembangkan insdutri pariwisatanya. Jember memiliki potensi sumber daya bagi perkembangan sektor industri periwisata baik alami maupun buatan.

Perkembangan sektor pariwisata ini bisa memberikan efek positif, antara lain; terjadinya peningkatan kesempatan usaha, adanya kesempatan kerja (lapangan kerja), meningkatkan penerimaan pajak sehingga akan terjadi peningkatan pembangunan suatu daerah atau negara. Tentunya Kabupaten Jember dengan segala potensi wisatanya juga bisa mengalami hal serupa.

Jika dilihat kesiapan/ketersediaan SDM yang andal sebagai pelaku/pekerja di sektor pariwisata untuk menunjang kemajuan sektor ini, Jember sudah memiliki tempat untuk mencetak SDM yang mendukung sektor ini. Kabupaten Jember memiliki Universitas Negeri Jember dan juga Akademi Pariwisata Muhammadiyah Jember (berdasarkan data dari hildiktipari.org, wilayah VII, Derah Jatim dan Kalimantan). Artinya apa? Kabupaten Jember sebenarnya sudah memiliki kesiapan untuk itu, jika bisa mengoptimalkan potensi SDM dan juga sumber daya pendukung lainnya demi kemajuan kabupaten Jember yang berasal dari masyarakat Jember sendiri atau sekitarnya.

Sebagaimana kita ketahui, destinasi wisata Jember sangat banyak jumlahnya. Siapa yang tidak mengetahui tentang berbagai pantai indah yang dimiliki kabupaten Jember? Destinasi wisata Jember alami ini sangat banyak, bahkan saat ini juga banyak dikembangkan destinasi wisata buatan.


Taman Botani Sukorambi 

Salah satu destinasi wisata di kabupaten Jember yang cukup menarik perhatian adalah Taman Botani Sukorambi. Destinasi wisata ini terletak di desa Sukorambi tidak jauh dari pusat kota Jember. Posisi yang strategis tentu akan membuat destinasi ini banyak diminati oleh wisatawan baik domestik maupun manca negara. Potensi destinasi wisata ini akan mengantar Jember makin rame.

Sejarah Taman Botani Sukorambi 

Taman Botani Sukorambi pada awalnya didirikan oleh Bapak H. Abdul Kahar Muzakir mantan ketua PTPN X sekadar untuk mempertahankan kesibukan setelah pensiun. Beliau membeli lahan di Sukorambi secara perlahan, hingga berkembang semakin luas seperti saat ini. Selanjutnya areal semakin luas ini dimanfaatkan untuk  menanam berbagai jenis bunga,buah-buahan, sayur-sayuran maupun tanaman  obat. Koleksi tanaman semakin bertambah dengan tanaman berasal dari luar daerah sampai luar negeri.

Bapak H. Abdul Kahar Muzakir kemudian menciptakan tempat rekreasi yang alami sebagai alternatif tempat rekreasi untuk masyarakat Jember dan sekitarnya. Hal ini juga membantu menyediakan sarana belajar tentang alam. Mendukung pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kelestarian lingkungan, tanaman dan binatang.  Taman rekreasi itu diberi nama Taman Botani Sukorambi dimana merupakan taman wisata alam dengan konsep "Rekreasi sambil Belajar".
Dengan luas sekitar 12 hektar, Taman Botani Sukorambi ini menyajikan aneka ragam koleksi tanaman, hewan, permainan dan wahana-wahana yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari berbagai umur dan kalangan.

Taman Botani Sukorambi memiliki banyak daya tarik yang bisa ditawarkan untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung. Destinasi ini sangat disarankan untuk wisata keluarga, atau kelompok (perusahaan, sekolah, instansi pemerintahan dan swasta). Terlebih yang cukup membuat lebih sebagai daya tarik (unik) keberadaan destinasi ini adalah adanya wahana atau fasilitas yang dikhususkan untuk kegiatan belajar bagi anak-anak. Taman Botani Sukorambi tidak hanya menawarkan daya tarik untuk bersenang-senang, tetapi juga memberikan nilai lebih dari sekadar berwisata bagi anak-anak juga remaja. Bahkan juga tambahan pengetahuan bagi pengunjung dewasa yang mendampingi anak-anaknya.

Fasilitas di Taman Botani Sukorambi 

Beberapa fasilitas antara lain:
Sumber: Taman Botani Sukorambi

  • Kolam renang dari sumber mata air 
  • Restaurant 
  • Villa Botani 
  • Lahan parkir yang luas
  • Pondok rapat Gaharu 
  • Area Outbond 
  • Golf cart 
  • Wifi 
  • Aneka gazebo 
  • Pondok seni 
  • Hortihut 
Sumber: Taman Botani Sukorambi
Sedangkan sarana rekreasi antara lain: 
  • Rumah pohon 
  • Flying fox jungle dan tombro 
  • Aneka permainan outbond 
  • Kolam renang (khusus muslimah, dewasa, remaja dan anak) 
  • Permainan air 
  • Pondok baca
  • Berkuda 
Sumber: Taman Botani Sukorambi
Sarana belajar yang ada di Taman Botani Sukorambi antara lain: 
  • Koleksi Flora dan fauna 
  • Bunny and friends village
  • Aneka koleksi hewan hias 
  • Aneka koleksi hewan yang dilindungi
  • Pembenihan Koi dan Lobster air tawar



Sumber: Taman Botani Sukorambi
Luar biasa bukan? Fasilitas dan sarana yang ada di Taman Botani Sukorambi. Bisa dilihat dengan fasilitas yang dikhususkan untuk anak-anak, sebagai sarana bermain dan juga sebagai sarana belajar. Belajar menjadi menyenangkan, karena konsep yang ditawarkan adalah berwisata. Tentu sudah kita pahami bersama bahwa masa pertumbuhan anak banyak didominasi dengan masa bermain. Masa bertanya dan bereskperimen tentang berbagai hal yang ingin mereka ketahui.

Sumber: Taman Botani Sukorambi
Taman Botani Sukorambi sudah membidik sasaran secara tepat menurut saya. Bisa dikatakan bahwa ketika membawa anak-anak ke TBS, kita akan membentuk sebuah harapan agar mereka  tumbuh cerdas dan bahagia bersama Taman Botani Sukorambi.

Untuk remaja, mengunjungi Taman Botani Sukorambi di samping belajar juga meruapakan tempat yang memiliki banyak spot untuk berfoto. Generasi milenial yang gemar melakukan selfie tentu tempat ini sangat memanjakan mereka. Bisa dikatakan semua sudut taman sangat instagramable. Bahkan menurut saya remaja yang sangat aktif secara positif di media sosial justru bisa menjadi ajang pemasaran gratis untuk pengelola Taman Botani Sukorambi. Mereka cukup potensial mengenalkan Taman Botani Sukorambi ke masyarakat luas melalui media sosial mereka.

Lebih jelas tentang mapping area Taman Botani Sukorambi bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Sumber: blusukanjember.blogspot.co.id
Sebagai bahan pertimbangan awal untuk segera datang ke Taman Botani Sukorambi, bisa dilihat video menarik di bawah ini:

Bagaimana? Menarik sekali destinasi wisata ini, kan?
Setelah mengetahui berbagai informasi tentang fasilitas apa yang ditawarkan oleh Taman Botani Sukorambi, tentu yang pertama kali terpikir bagi yang belum berkunjung adalah menyusun jadwal untuk segera mengunjunginya. Mengajak keluarga, kerabat dan sahabat untuk menjadikan TBS sebagai tujuan destinasi wisata dalam waktu dekat. Supaya Jember makin rame! 

Untuk saya pribadi semoga harapan ini segera terwujud, agar bisa berbagi informasi lebih banyak lagi tentang mengapa harus berwisata ke Taman Botani Sukorambi. Mengingat satu hal penting karena destinasi wisata ini kita tidak hanya menawarkan tempat rekreasi, tetapi juga mendapatkan berbagai pengetahuan yang membuat otak dan pikiran kita lebih cerdas.
Jadi, kapan ke Taman Botani Sukorambi? Segera ya...


*Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger. 



2 Comments

  1. aku baru 1x kesana kak dan memang asyik banget tempatnya buat ngilangin penat heheh

    ReplyDelete
  2. Yap kak. Sarana dan fasilitas di TBS memang luar biasa.

    ReplyDelete