Chicken Karage Saus Apema
Ramadhan tahun ini, kebetulan Bunda tinggal bersama saya karena beliau sedang menjalani terapi untuk penyembuhan HNP (Hernia Nukleus Pulpolus) di Surabaya.
Untuk urusan makanan, kehadiran Bunda sama sekali tidak "merepotkan" karena selera makan beliau tidak jauh berbeda dengan saya. Bunda juga senang mengikuti pola makan yang saya jalani. Bahkan seringkali beliaulah yang mengingatkan saya untuk “taat” dengan pola makan yang sudah saya pilih sehingga kondisi kesehatan saya membaik dalam beberapa tahun terakhir ini, ketika saya makan “ngawur”.

Saya dan Bunda suka masakan apa saja, asal baik untuk kesehatan dan halal tentunya. Masakan sederhana  yang kami konsumsi lebih memilih bahan makanan segar.  Bicara tentang bahan makanan segar dan baik, saya ingat persediaan ikan, ayam dan daging di rumah. Untuk urusan ayam segar saya memilih So Good yang memiliki berbagai macam produk baik olahan maupun originalnya.

Saya memiliki stok produk So Good seperti nugget, sosis sebagai persediaan jika ada keluarga yang memiliki anak-anak kecil datang. Saya tidak khawatir karena punya banyak pilihan menu yang bisa saya olah. Sedangkan selama ramadhan yang ikut memenuhi stok saya adalah ayam segar dan berbumbu produk So Good yang sangat memudahkan saya untuk masak dengan cepat dan enak.

Satu kebetulan lagi, saya dan Bunda sama-sama suka pedas. Pilihan tepat sekali ketika saya menemukan Spicy Chicken Wings dan Spicy Chicken Nuts produk So Good yang tinggal masak (goreng). Sangat cocok untuk menu sahur yang tidak repot, praktis! Ayam goreng hangat, sayuran serta sambal olahan saya sendiri. Makan sahur yang kadang “malas” akan tetap berselera ketika ada hidangan ini.

Ramadhan kemarin saya mempunyai masakan untuk berbuka karena permintaan Bunda. Sebenarnya sih saya biasa memasaknya, tapi beberapa waktu sebelum Ramadhan saya memang tidak pernah memasak menu itu. 
“Im, kamu agak lama tidak masak ayam saus asam pedas manis yang kayak di restoran itu lho... coba nanti masak untuk berbuka puasa.”
Ohya "Im" itu panggilan saya, Imana. Keluarga suka memanggil Im atau Ima hehehe *sekedar info.
Mendengar ayam saus pedas manis, saya sudah membayangkan bikin ayam krispi yang lumayan repot padahal saya sedang banyak tugas kantor sehingga tidak selalu bisa pulang tepat waktu. Lalu kapan waktu masaknya? Tapi saya langsung tersenyum mengiyakan permintaan Bunda, ketika ingat masih mempunyai persediaan Chicken Karage dari So Good di kulkas.
“Siap, Bunda, nanti kita berbuka puasa dengan menu itu tapi tidak terlalu pedas ya?” Bunda sepakat dan saya tinggal melihat persediaan bahan untuk membuat sausnya saja.
Alhamdulillah, jadilah menu ini saya namakan Chicken Karage saus Apema sebagai nama lain  dari yang disebutkan Bunda tadi.

Nah, sekarang bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat menu tersebut adalah:
Bahan utama:
1 bungkus Chicken Karage So Good, 400 gram
250 ml minyak goreng
Bahan saus:
Bahan-bahan Chicken Karage Apema 
2 buah bawang putih
1 buah bawang Bombay ukuran sedang
1 buah wortel ukuran sedang, potong sesuai selera (saya lebih suka diserut menjadi seperti mie) 
8 batang kembang/bunga bawang, potong-potong (optional karena ini sesuai selera saja. Bisa menggunakan paprika, mentimun atau sayuran lain yang dianggap cocok sebagai pelengkap saus) 
6 sdm saus cabe
4 sdm saus tomat
2 sdt saus tiram
2 sdt kecap asin 
½ sdt merica bubuk
½ sdt gula pasir
10 buah cabe rawit (sesuai selera) 
3 buah cabe merah
1 sdm tepung tapioka, larutkan dengan sedikit air.
250 ml air 
Garam secukupnya

Di atas itulah bahan-bahan yang dibutuhkan. Mudah kan? 
Sekarang, bagaimana cara memasaknya? Karena saya menggunakan Chicken Karage dari So Good yang praktis tapi memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh, jadi tinggal menggorengnya saja.

Bahan-bahan Saus Apema 
Cara memasak saus Apema: 

1. Siapkan semua bahan untuk pembuatan saus seperti pada gambar. Pastikan sebelum dipotong sudah cuci bersih ya... Bawang putih cincang halus, bawang bombaynya cincang kasar. Untuk kembang/bunga bawang saya potong sepanjang lebih kurang 2cm, sedangkan wortel saya serut seperti mie. 

2. Panaskan 2 sendok makan minyak goreng, masukkan bawang putih dan bawang bombay cincang. Tumis hingga layu dan harum, masukkan potongan kembang bawang, oseng kembali sampai agak layu. Kemudian masukkan satu persatu merica bubuk, gula, saus tiram, kecap asin, saus cabe, saus tomat dan terakhir masukkan air. Aduk rata didihkan. 

Saus Apema 
3. Setelah mendidih kecilkan kompor, masukkan potongan cabe rawit, cabe merah kemudian tambahkan garam, aduk rata dan cek rasa. Posisi saus mendidih dengan leputan kecil. Jika sudah pas masukkan wortel serut. Aduk rata lagi langsung masukkan larutan tepung tapioka, campur rata. Segera matikan api ketika larutan tapioka sudah tercampur. Sengaja wortel saya masukkan menjelang masakan matang, karena wortel akan tetap renyah saat dinikmati nantinya. 

4. Chicken Karage So Good yang sudah digoreng, tata pada tempatnya. Siramkan saus apema yang masih panas secukupnya di atasnya. 
5. Chicken Karage saus Apema, siap dinikmati. 

Chicken Karage Apema 
Alhamdulillah...satu kebahagiaan tersendiri ketika bisa mewujudkan keinginan Bunda walau hal kecil sekadar masakan yang diinginkan. Melihat Bunda lahap menikmati Chicken Karage saus Apema, saya hanya bisa tersenyum bersyukur karena artinya Bunda sehat yang salah satu tandanya bisa menikmati makanan dengan senang.

Saya tidak pernah ragu mengkonsumsi produk So Good, karena perusahaan ini memiliki komitmen atas kualitas produknya. Khusus untuk Chicken Karage, kandungan nutrisinya seperti di bawah ini.
Saya semakin yakin karena So Good juga memiliki komitmen untuk pertumbuhan gizi bangsa. "Sebagai penyedia solusi makanan berprotein, So Good selalu menyajikan produk berprotein yang berkualitas untuk mencukupi kebutuhan protein sesuai pedoman gizi seimbang. Hal ini merupakan bentuk dukungan So Good dalam mewujudukan bangsa yang berkualitas melalui pemenuhan gizi yang seimbang. Kami terus berkomitmen menghadirkan produk-produk berprotein berkualitas tinggi yang kaya kandungan gizi, lezat, higienis, serta praktis dengan harga terjangkau dan juga bersertifikasi halal." 


#MasakanRumahKhasRamadhan #SogoodXbpn #LebihBaikSoGood


0 Comments