Tema Pilihan:
PERAN OPERATOR DALAM MEMAJUKAN PENDIDIKAN DAN PEREKONOMIAN DI DAERAH PINGGIRAN KOTA DAN PEDALAMAN.

OPERATOR DAN PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA INDONESIA

Perkembangan tehnologi khususnya tehnologi telomunikasi sangatlah pesat jika dibandingkan dengan perkembangan tehnologi lainnya. Hal ini tentunya akan berakibat pada banyak sector yang terkait dengan dunia kehidupan kita. Selama ini kita tidak bisa terpisahkan dari dunia tehnologi komunikasi. Kita menyadari bahwa hampir seluruh aspek kehidupan kita pasti menggunakan tehnologi, dan saat ini tehnologi informasi/komunikasi menjadi sarana penting atau bahkan kebutuhan pokok hidup manusia era milenium ini.
Apakah keberadaan operator seluler yang notebene adalah produk perkembangan tehnologi bisa membawa perubahan yang signifikan kepada tingkat kualitas hidup seseorang? Secara ekonomi dan lainnya? Tentunya segala yang diciptakan ini tidak sekedar sebagai produk perkembangan tehnologi yang tidak banyak berguna, tetapi tentunya pasti banyak manfaat yang bisa kita dapatkan.

Peran Operator Seluler dan Peningkatan Kualitas SDM



Berbicara tentang kualitas SDM Indonesia, kita tidak akan pernah lepas dari menengok kembali HDI (Human development Index) yang dimiliki Indonesia. Kita tengok saja saat ini, bahwa Indonesia memmiliki sumber kekayaan alam yang melimpah dengan jumlah penduduk yang cukup besar. Seharusnya hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara yang makmur sejahtera atau tingkat kemakmuran yang tinggi. Saat ini, tanpa harus saya jelaskan semua telah mengetahui bagaimana keadaan negeri tercinta ini. Sangat ironis ketika Indonesia hanya masuk dalam kategori negara berkembang bahkan miskin. Tentunya salah satu faktor penyebabnya adalah kualitas SDM yang dimiliki Indonesia.
Sementara itu kita sudah mengetahui bagaimana potret suram SDM Indonesia salah satunya dapat dilihat dari data Human Development Index (HDI) yang merupakan hasil riset dari UNDP yang setiap tahunnya bisa diketahui, menunjukkan bahwa beberapa tahun terakhir HDI Indonesia mengalami penurunan peringkat. Indikator yang digunakan dalam HDI meliputi 3 dimensi dasar pembangunan manusia, yaitu kualitas hidup, pendidikan dan standar kehidupan yang layak.

Kemudian hal apakah yang bisa dilakukan dalam pengembangan SDM Indonesia? Secara garis besar pengembangan SDM merupakan upaya peningkatan kualitas SDM melalui program-program pelatihan, pendidikan dan pengembangan. Hal ini bisa merupakan aplikasi dari program-program pelatihan dan pendidikan dengan menerapkan prinsip pembelajaran.
Saya teringat dengan apa yang dikatakan oleh seorang pakar HRD yaitu M. Ruky bahwa pengembangan SDM merupakan suatu proses belajar dan berlatih secara sistematis untuk meningkatkan kompetensi dalam pekerjaan sekarang dan menyiapkan diri untuk peran dan tanggungjawab yang akan datang. Saya bisa katakan bahwa Pengembangan SDM adalah proses peningkatan kompetensi SDM organisasi baik skill, knowledge maupun ability dalam upaya mencapai kinerja yang optimal yang dilakukan secara sinergis dan simultan.
Lalu dimana peran operator seluler dalam hal ini? Tentunya operator seluler mengambil perannya dalam sisi pendidikan atau informasi (knowledge). Kepedulian operator seluler untuk melakukan pelatihan kepada generasi muda sesuai dengan kondisi yang mereka perlukan tentu akan lebih bermanfaat untuk kehidupan dan masa depan mereka. Operator seharusnya tidak enggan membidik pasar anak-anak putus sekolah, anak kurang mampu serta anak jalanan. Tidak harus membawa mereka kembali ke sekolah, jika hal itu tidak memungkinkan dengan berbagai faktor yang menjadi alasan. Tetapi operator bisa memberikan pelatihan berkala kepada mereka, misalnya pelatihan ketrampilan kecil yang memanfaatkan potensi daerah setempat. Artinya, mereka yang putus sekolah akan tetap mempunyai kemampuan yang sama dalam artian ketrampilan dengan mereka yang mengenyam bangku sekolah.
Tidak bisa dipisahkan dari skill adalah pengetahuan. Operator bisa membuat panduan sederhana yang berisi tentang pengetahuan praktis yang menunjang skill mereka. Misalnya daerah setempat penghasil bambu yang tidak termanfaatkan dengan baik, maka operator seluler bisa memberikan informasi (pengetahuan) melalui modul dan juga pelatihan untuk menambah kemampuan mereka agar bisa mengolah bambu itu menjadi hasil kerajinan tangan yang bernilai ekonomis tinggi.
Seiring dengan itu, tentunya ability (kecakapan) mereka juga bisa diperhatikan dengan baik. Artinya tindakan nyata tersebut akan benar-benar membawa manfaat dan perubahan yang signifikan pada kualitas SDM Indonesia dan pembangunan secara menyeluruh. Dan yang pasti, mereka yang telah mempunyai bekal tersebut akan bisa berbuat lebih baik dari sebelumnya sebagai upaya peningkatan kualitas hidupnya secara menyeluruh.

SDM Handal, Ekonomi Kuat dengan berbagai usaha ekonomi produktif

Mungkin banyak di antara kita yang sudah mengetahui bahwa memang ada hubungan yang signifikan antara kualitas seseorang (SDM) dengan taraf hidupnya. Walaupun tidak 100 % benar, tetapi paling tidak hal ini memang banyak terjadi. Kualitas SDM tidak hanya dilihat dari sisi tingkat pendidikan seseorang, tetapi bisa dilihat juga dari sisi pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang baik itu pengetahuan secara teoritis maupun pengetahuan yang bersifat skill (pengalaman).
Seperti yang telah saya sampaikan di atas, bahwa dengan skill yang bagus ditunjang pengetahuan yang setara kemuingkinan besar akan muncul sosok yang mempunyai ability yang bisa dipertanggung jawabkan. Jika kita menemukan orang seperti ini, tentunya akan menjadi ”cahaya” dalam masyarakatnya.
Terkait dengan operator seluler yang perkembangannya super cepat, tentunya dibutuhkan berbagai usaha ekonomi kreatif untuk menunjang perkembangan tersebut. Akhirnya keduanya menjadi hal yang tidak bisa diketahui ujung pangkalnya. Usaha kreatif muncul karena perkembangan operator seluler ataukah perkembangan operator seluler sangat terdukung oleh munculnya usaha ekonomi kreatif? Menurut saya, keduanya adalah sekeping mata uang yang tak bisa dipisahkan sisi satu dengan sisi lainnya. Memang usaha kreatif ini muncul karena perkembangan operator seluler, tetapi pada perkembangannya keberadaan usaha ini justru sangat menunjang perkembangan operator seluler yang begitu pesat.
Operator seluler bisa memicu pertumbuhan usaha ekonomi kreatif ini kepada genarasi muda. Pelatihan usaha dan segala hal yang terkait tentunya akan lebih bermanfaat bagi mereka. Saya yakin, setiap daerah mempunyai potensi berbeda seharusnya ini menjadi titik perhatian ”point of view” bagi operator seluler untuk mengembangan diri di tengah pelanggannya. Kemampuan operator seluler membaca potensi yang ada di setiap wilayah, baik dari sisi kekayaan alam, sumber daya manusia bahkan infrastruktur yang mendukung daerah tersebut untuk berkembang akan sangat berdampak pada perkembangannya sendiri.
Jika kepedulian dan sumbangsih operator seluler semakin dirasakan oleh masyarakat, saya yakin dengan sendirinya masyarakat akan mengetahui kepada operator mana mereka kan melabuhkan diri. Kualitas SDM handal yang telah diciptakan oleh operator akan menumbuhkan pengusaha muda dalam ranah usaha ekonomi kreatif. Tentunya akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup mereka secara ekonomi.


XL, Pelanggan dan Pembangunan di Indonesia

XL dengan PT. XL Axiata Tbk merupakan salah satu operator seluler besar yang sudah dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Di samping berbagai program menarik yang senantiasa dilakukan untuk ”memanjakan” pelanggannya, XL juga telah melakukan sebuah kegiatan yang menurut saya sangat bermakna dalam pengembangan kualitas SDM Indonesia yang berdampak secara signifikan terhadap pembangunan secara umum. Saya menangkap kedekatan XL dengan pelanggannya telah dibuktikan dengan program-program yang sudah dilakukan antara lain :

Layanan haji dan Kejutan Umroh

Sudah barang tentu layanan haji yang diberikan oleh Xl akan sangat membantu mereka yang tengah melakukan ibadah di tanah suci untuk terus bisa berkomunikasi dengan keluarga di tanah air dengan tarif yang tentunya lebih hemat. Termasuk kejutan umroh yang diberikan XL kepada pelanggan setianya, hal ini akan memacu sisi kematangan ruhani bagi pelanggannya. XL tidak hanya hadir untuk kepentingan bisnis yang profit oriented tetapi juga berkenan mempehatikan pelanggannya dengan kegiatan kerohanian yang mendukung terciptanya insan Indonesia yang bertaqwa. Tentu bisa direnungkan sejenak, bahwa apa yang telah dilakukan XL setidaknya akan membawa pengaruh pada pelanggannya.

Blackbary
Perkembangan dunia informasi dan tehnologi memang sangat cepat. Menjadikan dunia dalam satu genggaman, seakan layak untuk menyebut keberadaan Blackbary. Kemunculan Blackbarry sebagai sarana komunikasi yang mempunyai kecepatan akses tinggi dan bergengsi tentunya akan menjadi lahan tersendiri bagi XL. Seiring dengan persaingan yang semakin ketat dengan operator seluler lainnya, XL hadir untuk menjawab segala tantangan serta untuk memanjakan pelanggannya yang sudah terlanjur cinta dan tak mau pindah ke lain hati.

XL Mobile Broadband

Kehidupan profesional muda yang energik dan dinamis sangat terdukung dengan satu layanan yang ditawarkan XL ini. XL Mobile Broadband hadir dengan harga yang lebih murah dengan kecepatan akses tinggi. Dengan slogan ”secepat yang kuinginkan dan semurah yang kumau” menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggannya. Bahkan hal ini cukup menarik bagi mereka yang belum menggunakan XL. Slogan yang energik ini saya rasa sangat pas bagi mereka yang merasa berjiwa muda, kreatif dan dinamis. XL telah membidik pasaran dengan bahasa yang tepat dan nyaman di hati.

Indonesia Berprestasi Award

Program yang dilakukan XL sebagai upaya menghargai karya anak negeri yang membawa perubahan pada lingkungannya ini, dikenal dengan IBA (Indonesia Berprestasi Award). Kegiatan yang menurut saya cukup spektakuler dilakukan oleh sebuah operator seluler yang selama ini dikenal awam sebagai usaha bisnis yang profit oriented, layak kita angkat topi atas prestasi ini. Penghargaan yang diberikan XL melalui IBA ini, menurut saya sebagai upaya XL untuk ikut serta dalam peningkatan kualitas SDM dan pembangunan Indonesia secara universal. Setidaknya kita perlu memperhatikan dengan baik bahwa tujuan dilakukannya Indonesia Berprestasi Award (IBA) oleh XL adalah:
Memberikan apresiasi atas warga negara yang berprestasi
Memberikan inspirasi kepada bangsa dalam meraih prestasi dan terus mengembangkan potensi yang dimiliki, serta memotivasi anak bangsa untuk meningkatkan pencapain secara berkelanjutan.

Jika memperhatikan tujuan dilakukannya IBA oleh XL di atas, tentunya kita bisa secara langsung mengetahui posisi XL dalam tujuan mulia ini. IBA yang merupakan CSR dari PT. Axiata mencari warga negara Indonesia berprestasi yang pengabdian dan daya usahanya telah memberikan solusi dan manfaat serta dorongan positif bagi perbaikan kualitas hidup masyarakat luas. Indonesia Berprestasi Award (IBA), merupakan sebuah penghargaan terhadap warga negara Indonesia yang terus berkarya dan memberikan kontribusi secara nyata bagi masyarakat Indonesia. Ajang penghargaan ini merupakan program yang berkelanjutan sudah diselenggarakan sejak tahun 2007 lalu, dan selama ini telah berhasil menjaring beberapa anak bangsa (generasi muda karena batas umur untuk mengikuti kompetisi ini adalah 40 tahun) yang telah berprestasi demi kemajuan bangsa. Indonesia Berprestasi Award merupakan satu wahana untuk melahirkan orang-orang berprestasi yang melahirkan karya-karya bermanfaat bagi masyarakat luas. Bukankah dengan begitu XL memang layak ada di hati rakyat Indonesia?

XL Memberi Bantuan Komputer untuk Sekolah

Saya hanya membaca sebuah berita tentang ini. Sekali lagi saya menyukai XL dengan program-program yang telah dijalankan selama ini. Mungkin bagi sebagian kita yang tinggal di perkotaan, komputer adalah barang pokok dalam kehidupan. Tentu hal itu tidak sama bagi sebagian orang di sekitar kita. Komputer menjadi barang ’mewah’ seolah mereka tidak berhak menyentuhnya. Dengan bantuan yang diberikan XL untuk sekolah-sekolah ini tentunya akan mewujudkan kembali satu impian anak-anak negeri yang selama ini tangan mungil mereka belum mengenal komputer bahkan menyentuhnya pun tak pernah. Tentunya hal ini akan mempermudah anak-anak belajar dan mengenal dunia tehnologi. Apalagi jika komputer ini dilengkapi dengan jaringan internet yang sudah pasti akan semakin mendukung proses pembelajaran bagi anak-anak. Pengetahuan bertambah dan mereka diharapkan tumbuh menajdi genarasi berkualitas yang kelak akan mengharumkan nama bangsa ini.

XLGo

XLGo, sekali lagi merupakan produk XL yang menurut saya luar biasa. Saya mengakses XLGo beberapa hari setelah program ini diluncurkan. Entah kenapa saya menikmati ’mimpi’ yang ditawarkan oleh XL. Bahkan ketika saya Sharing dengan teman-teman mereka juga dengan antusias mengomentari proses perjalanan ’wisata impian’ saya. Kalau dalam bahasa tulisan saya ”menganyam mimpi”. Setidaknya ’wisata impian’ yang ditawarkan XL melalui XLGo sungguh memicu daya kreatif seseorang, termasuk saya. Karena setiap saat mendapat lencana negara ’wisata impian’ saya termotivasi untuk menanam niat agar kelak sampai di tempat itu. Bahkan seringkali itu menjadi ide dalam tulisan saya, menjadikan kota yang saya dapatkan dalam lencana itu sebagai setting untuk cerpen atau tulisan fiksi saya lainnya.

Peningkatan kualitas SDM mutlak dilakukan agar bangsa ini tidak terpuruk dalam ketidakberdayaan selamanya. Janganlah kita menjadi ”ayam yang mati di dalam lumbung padi” karena ini negeri kita sendiri. Adalah hak kita untuk terus berupaya bersama meningkatkan kualitas diri dan orang-orang sekitar kita. XL sebagai salah satu operator seluler besar diharapkan mempunyai kepedulian akan peningkatan kualitas anak negeri dengan programnya yang berpihak kepada mereka. Sekali lagi semua berpulang pada diri kita, untuk mau dan terus berusaha memperbaiki kualitas diri sebagai upaya peningkatan kualitas hidup.

0 Comments