LETTERS OF HAPPINESS
The Bay Bali dan NulisBuku.com menyelenggarakan #ProyekMenulis bertajuk Letters of Happiness: Share your happiness with The Bay Bali & Get discovered!

Tulis arti 'Happiness' (kebahagiaan) buat kamu dalam tulisan fiksi. Kami akan memilih 20 karya terbaik, kemudian membukukan dan menerbitkannya, cerpen yang tidak lolos seleksi akan tereliminasi dan otomatis karya tersebut tidak akan masuk dalam buku-buku yang akan kita terbitkan.

A. Syarat Peserta 



Perorangan . Dapat diikuti oleh seluruh Warga Negara Indonesia, tanpa batasan usia, tanpa batasan jenis kelamin, tanpa batasan agama, dan tanpa batasan lokasi tempat tinggal. Setiap peserta dapat mengirimkan 1 (satu) karya tulisan terbaiknya.

B. Syarat Cerpen 

Cerita pendek ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris minimal 2 halaman, maksimal 7 halaman A4, diketik rapi dalam file Microsoft Word spasi: 1.5, dengan font: Times New Roman, ukuran font: 11pt, dengan margin sesuai standar Microsoft Word saja, tidak perlu diubah.

Cerita pendek berupa karya fiksi yang belum pernah diterbitkan dalam media nasional mana pun (jika pernah diposting di blog atau FB notes masih boleh), dan merupakan karya asli penulis. Dengan mengikuti lomba ini, berarti penulis menyatakan bahwa karya tersebut adalah murni karya aslinya dan jika ada tuntutan pelanggaran hak kekayaan intelektual maka akan menjadi tanggung jawab penulis.

Judul tulisan bebas, dengan tetap sesuai dengan tema: “Happiness”. Silakan mengartikan sendiri tema tersebut sesuai dengan imajinasi.


C. Cara Berpartisipasi

Menulis cerita pendek sesuai tema “Happiness” yang sudah diketik rapi dalam file Microsoft Word Kirimkan cerpen tersebut beserta data diri: Nama, Alamat, No. handphone, No. KTP (Atau kartu pelajar), Twitter account (Jika ada), Alamat facebook (Jika ada), ke alamat email: send@nulisbuku.com (berupa file lampiran- attach files, bukan di body email) dengan format subject email: [PROYEK MENULIS] – [Judul tulisan]. Contoh: PROYEK MENULIS – Cinta Kita Tidak Buta

Setiap penulis dimohon juga membuat paragraf singkat maksimal 5 (lima) kalimat untuk memperkenalkan diri, untuk profil penulis di dalam buku “Letters of Happiness”.

Kami sarankan penulis mencantumkan akun Twitter-nya masing-masing karena bisa jadi saran contact pembaca atau penerbit yang tertarik atas karyamu. Profil singkat ini boleh ditulis di badan email atau pun di dalam naskah cerpennya, kedua cara tersebut tidak masalah.

Masukkan tulisan ke dalam blog pribadi-mu dengan mencantumkan teks “Blog post ini dibuat dalam rangka mengikuti Proyek Menulis Letters of Happiness: Share your happiness with The Bay Bali & Get discovered! dengan tulisan The Bay Bali yang di link ke website www.thebaybali.com

Tiap cerita harus memasukkan satu setting cerita yang berada di The Bay Bali (bisa tentang food/beverages restoran di The Bay Bali, beach activities, dan lainnya. Hal ini akan mempengaruhi penilaian. Semakin detail peserta menggambarkan The Bay Bali, akan semakin baik) Peserta diijinkan menggunakan foto-foto The Bay Bali yang ada di facebook page The Bay Bali atau di website www.thebaybali.com sebagai gimmick tulisan yang dimuat di blog peserta

Wajib Follow & mention akun Twitter @TheBayBali @nulisbuku kemudian silakan twit sinopsis tentang karya cerpenmu minimal sebanyak 3 (tiga) kali twit; jika 1 twit itu maksimal 140 karakter, maka 3 kali twit, maksimal adalah 140 x 3= 420 karakter. Twit-twit ini berguna untuk mempromosikan cerpenmu yang telah dikirim tersebut. Jangan lupa twitnya dengan hashtag #ProyekMenulis

Untuk mengikuti kompetisi ini tidak dipungut biaya, GRATIS!

Pengumuman para finalis dan pemenang & penyerahan hadiah akan dilakukan pada hari Sabtu, tanggal 26 April 2014 di acara launching buku 'Letters of Happiness' di The Bay Bali D. Periode #ProyekMenulis Dimulai hari Kamis, 27 Maret 2014 dan ditutup pada Rabu, 16 April 2014 pukul 23.59 WIB.

Karya dikirimkan melalui email ke send@nulisbuku.com.

E. Pemilihan Pemenang 

Pemenang terdiri dari 3 pemenang utama dan 17 finalis.
Seluruh tulisan yang masuk akan dinilai berdasarkan faktor-faktor sbb: Kesesuaian isi tulisan dengan tema, Originalitas, Plot dan diksi, Teknik penulisan yang menarik dibaca, Setting yang sesuai dengan syarat lomba.
Pemenang akan dipilih oleh juri yaitu tim Nulisbuku.com

F. Pengumuman Pemenang 

Para pemenang dan 17 finalis terpilih akan diumumkan pada hari Sabtu, tanggal 26 April, 2014 di acara launching buku 'Letters of Happiness' sekaligus writing workshop di The Bay Bali: BTDC area, Lot C-0, Nusa Dua – BALI. 80363

Untuk kamu yang sudah pernah self-publish buku di nulisbuku.com bisa mengirimkan bukunya ke The Bay Bali untuk dipajang atau dijadikan gift pada saat workshop!

G. Hadiah Pemenang 

Pemenang pertama akan memperoleh uang tunai sebesar Rp 2.000.000
Pemenang kedua akan memperoleh uang tunai sebesar Rp 1.000.000
Pemenang ketiga akan memperoleh uang tunai sebesar Rp 500.000
Pemenang 1, 2 dan 3 serta masing-masing finalis akan mendapatkan 1 eksemplar buku tersebut secara gratis.

Atas penerbitan buku ini, para pemenang dan finalis tidak menerima kompensasi berupa royalti karena hasil penjualan buku akan dikelola oleh pihak The Bay Bali untuk kegiatan sosial yang terpilih

H. Lain-Lain 

Hak cipta karya yang masuk dalam #ProyekMenulis Letters of Happiness ini berada di The Bay Bali. Seluruh karya akan melalui proses editing dan setting oleh Nulisbuku sebelum kumcer diterbitkan.

Lomba ini diselenggarakan oleh The Bay Bali & NulisBuku.com

0 Comments